Monday, January 3, 2011

Perbedan Pubertas Anak Laki-Laki dan Perempuan

Meskipun ada berbagai variasi usia normal masa pubertas, anak perempuan biasanya memulai proses pubertas pada usia 10 tahun dan anak laki-laki pada usia 12 tahun. Pubertas anak perempuan lengkap pada usia 15-17 tahun sedangkan anak laki-laki pada usia 16-18 tahun. Anak perempuan akan mencapai kematangan reproduksi sekitar 4 tahun setelah dimulainya pubertas, sebaliknya anak laki-laki mencapai kematanyan seksual setelah 6 tahun dimulainya pubertas.

Jadi anak perempuan pubertas lebih dulu dari anak laki-laki tetapi pubertas anak perempuan berhenti lebih dulu dari anak laki-laki. Pertumbuhan yang cepat hanya terjadi pada masa pubertas, hal inilah yang menyebabkan walaupun pada awal masa pubertas anak laki-laki lebih pendek dari anak perempuan, tetapi pada akhirnya anak laki-laki lebih tinggi dari anak perempuan.

Hormon utama yang memicu pubertas pada anak laki-laki adalah androgen yang disebut testosteron.Testoteronlah yang memberikan ciri-ciri tubuh laki-laki seperti pertumbuhan kumis, jenggot, bulu dada, otot, rambut pubis , dan sebagainya. Sedangkan Hormon utama yang mengatur pubertas pada anak perempuan adalah estrogen yang disebut estradiol. Hormon inilah yang memberikan ciri-ciri seks sekunder pada perempuan seperti pertumbuhan payudara, pinggul, kulit dan juga rahim.
dr. Sugiritama, M.kes


No comments:

Post a Comment